Minggu, 10 Oktober 2010

WINDOWS VIRTUAL PC


Salah satu fitur yang dimiliki windows 7 dan tidak terdapat pada windows versi sebelumnya adalah Windows Virtual PC. Fitur ini hanya ada di Windows 7 dan hanya dapat digunakan pada Windows 7.
Windows Virtual PC merupakan suatu software yang menyediakan mesin virtual yang dapat digunakan untuk menggunakan sistem operasi lain pada mesin virtual tersebut dengan berbagai aplikasi dan servisnya dan dapat dijalankan secara terpisah dan mandiri dari mesin fisiknya.



Untuk dapat menjalankan fitur ini, fasilitas minimal yang dibutuhkan :




  • Processor yang mendukung teknologi virtualisasi, dan dalam keadaan enable.








  • 1 GHz prosessor, baik yang 32 bit maupun yang 64 bit.








  • Memory sebesar 2GB








  • Ruang harddisk kosong sebesar 15 GB








  • Semua edisi Windows 7, kecuali Windwos 7 Starter. [perlu diingat, bahwa untuk menjalankan Windows XP Mode, hanya dapat dilakukan pada Windows 7 edisi Enterprise, Profesional dan Ultimate]








  • Sistem operasi yang dapat dibuatkan virtualnya adalah : Windows XP (hanya support Windows XP Service Pack 3), Windows Vista (hanya support Windows Vista Enterprise dan Ultimate) dan Windows 7 (hanya support Windows 7 Enterprise dan Ultimate)





  • windowsvirtualpc Windows Virtual PC digunakan dengan sangat mudah dari Sistem Virtual Explorer, bukan dari jendela aplikasi konsol. Jika anda telah menginstall salah satu sistem virtual, misalnya Windows XP Mode, Sistem Virtual akan nampak pada Sistem Virtual Explorer.
    Atau Anda dapat membuat suatu Mesin Virtual seperti anda menginstall sistem operasi baru seperti biasa dengan menggunakan CD atau DVD atau mungkin ISO Image, sehingga dia bekerja seperti disk fisik dari dalam lingkungan virtual.
    Setelah menentukan nama dari mesin virtual, berapa banyak RAM yang akan digunakan, dan lokasi dari virtual hard disk, saatnya untuk menginstal sebuah sistem operasi. Anda dapat menginstal hampir semua sistem terbaru (lihat rincian diatas). Jika anda menginginkan Sistem Operasi yang lain, misalnya Linux, anda masih dapat melakukannya dengan berbagai keterbatasan, sebab aplikasi ini hanya ditujukan untuk windows.
    Untuk mengelola lingkungan mesin virtual apapun yang telah Anda ciptakan, cukup pilih dalam Mesin Virtual [MV] explorer dan klik tombol Settings yang muncul. Jendela Pengaturan yang dihasilkan seperti gambar berikut, settingwindowsvirtualmemungkinkan Anda mengkonfigurasi pengaturan MV individu, termasuk RAM, virtual hard disk, dan perangkat lain yang terkait dengan VM.
    Dalam menginstall, mesin virtual sedikit lebih lambat dari versi “nyata”. Anda dapat terus menjalankan sistem operasi virtual pada Jendela Windows Virtual PC berdampingan dengan sistem Windows 7, atau anda dapat menjalankan OS virtual tersebut pada layar penuh. Windows Virtual PC mendukung semua aktifitas yang ada di Sistem Virtual untuk diingrasikan pada Windows “Fisik” atau sebaliknya. Sebagai contoh, clipboard, Clipboard dapat dibagi antara mesin fisik dan mesin virtual, sehingga Anda dapat menyalin dan menyisipkan informasi apapun yang Anda inginkan antara Mesin Virtual anda dengan berbagai aplikasi pada Windows 7.
    Anda dapat mengunduh Aplikasi Windows Virtual PC dan Aplikasi Windows XP Mode disini…
    Jika Anda menggunakan Windows Vista atau Windows XP pada komputer fisik Anda, jangan dulu berkecil hati, Anda masih dapat menggunakan Microsoft Virtual PC 2007 untuk menjalankan beberapa sistem operasi pada saat yang sama pada komputer fisik yang sama. Untuk Microsoft Virtual PC 2007, dapat anda download disini.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Pages

    Followers